Pertajam Aspirasi, Kelurahan Sapuro Kebulen Adakan Kegiatan Pra Musrenbang

 

Musrenbang
memiliki kepanjangan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan. Sesuai dengan Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Musrenbang adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah. Dalam Pasal 11 UU tersebut disebutkan bahwa Musrenbang diselenggarakan dalam rangka menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP).
Musrenbang dilakukan untuk menyusun sejumlah rencana pembangunan di suatu wilayah seperti menentukan anggaran dan kegiatan pada tahun berikutnya. Tujuannya agar aspirasi dan kebutuhan masyarakat dapat terakomodasi ke dalam proses perencanaan untuk tahun berikutnya yang dilakukan pemerintah setempat. Kegiatan musrenbang umumnya membahas isu strategis yang ada, proses-proses yang telah dijalani pada tahun tersebut, capaian-capaian target dan sasaran dari Pemerintah Kota/Kabupaten setempat. Setelah itu baru menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). RKPD itulah yang kemudian akan digunakan untuk penyusunan KUA (Kebijakan Umum APBD) dan PPAS (Plafon Prioritas Anggaran Sementara).

  

 

Dalam rangka mempertajam usulan dan aspirasi sebelum dibawa ke forum Musrenbang Kelurahan Sapuro Kebulen telah melakukan beberapa tahapan, diantaranya adalah tahapan penjaringan basis yang dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 19 Januari 2024. Kegiatan penjaringan basis ini menetukan 5 (lima) program prioritas tiap RW yang nantinya akan dibawa ke Pra Musrenbang. Kegiatan Pra Musrenban sendiri dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2024. Dalam forum pra Musrenbang tersebut dihadiri oleh perwakilan RT dan RW serta perwakilan dari tiap-tiap LKK. Dari hasil pra Musrenbang tersebut dihasilkan beberapa keputusan dan kebijakan antara lain adalah kebijakan prioritas anggaran untuk Dana Kelurahan serta Program Prioritas yang diusulkan untuk dibawa ke Musrenbang Kecamatan. Semoga ikhtiar kegiatan-kegiatan tersebut dapat memberi dampak bagi pembangunan di Kelurahan Sapuro Kebulen. (AWS)