Penilaian Lomba Tertib Arsip Kelurahan Tahun 2023

    

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk serta media, yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi masyarakat maupun perseorangan, dalam rangka melaksanakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Terselenggaranya pemerintahan yang baik atau good governance tidak lepas dari peran kearsipan. Peran penting arsip dalam pelaksanaan reformasi birokrasi berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, dengan menyediakan informasi autentik dan dapat dimanfaatkan oleh publik secara transparan.
Setidaknya ada 3 hal pentingnya mengelola arsip yaitu :
  • Menjamin ketersediaan arsip, khususnya sebagai data dan informasi yang dapat dipelajari untuk menentukan arah kebijakan pemerintah pada berbagai sektor.
  • Bukti akuntabilitas kinerja sebuah instansi, yang ditunjukkan dalam bukti dokumen arsip pada kegiatan pemerintahan, sehingga masyarakat dapat dijadikan bahan penilaian kinerja dari sebuah instansi pemerintahan.
  • Alat bukti yang sah, terutama menyangkut keabsahan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan di mata hukum, jika sewaktu-waktu dibutuhkan.



Mengingat pentingnya pengelolaan arsip, maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan melakukan pembinaan kearsipan khususnya di Kelurahan, mengingat kelurahan sebagai bagian terdepan dalam pelayanan langsung kepada masyarakat. Setelah dilakukan pembinaan, Dinarpus Kota Pekalongan mengadakan Lomba Tertib Arsip Tahun 2023. Untuk penilaian di Kelurahan Sapuro Kebulen dilaksanakan pada tanggal 19 Setember 2023. Sebagai tim penilai di kelurahan Sapuro Kebulen adalah Su'aida Ni'mah, SE dan Rahmat Akbar. Dalam pelaksanaan penilaian tersebut ada beberapa hal yang menjadi pokok penilaian, seperti Aspek Penciptaan Naskah surat, Penataan Arsip Dinamis, Aspek SDM Kearsipan, dan Aspek Sarana dan Prasarana. Penilaian berjalan lancar, walaupun banyak kekurangan di sana-sini malah menjadi pembelajaran bagi kita dalam mengelola arsip yang baik dan benar. Sehingga ke depan pengelolaan arsip akan lebih baik sesuai dengan standar yang ditentukan. (AWS)