Pekan Olah Raga Kelurahan Resmi Dibuka Walikota Pekalongan

   


Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga. Bahkan pada tahun 2017 Kemenpora menerbitkan Permenpora Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Gerakan Ayo Olahraga. Hal ini merupakan upaya memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat dengan target meningkatnya persentase penduduk berumur 10 (sepuluh) tahun ke atas yang melakukan olahraga yang semakin meningkat.
Mengingat pentingnya manfaat berolahraga  Pemerintah Kota Pekalongan menyelenggarakan Pekan Olahraga antar Kelurahan (PORKEL) se-Kota Pekalongan Tahun 2023 sebagai bagian dari memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS). Kegiatan ini untuk meningkatkan semangat berolahrga, serta mempererat tali persaudaraan antar kelurahan di Kota Pekalongan. Sehingga bisa memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan PORKEL adalah 1. Promosi Kesehatan dan Gaya Hidup Aktif: Salah satu tujuan utama dari Pekan Olahraga antar Kelurahan (PORKEL) se-Kota Pekalongan Tahun 2023 ini adalah untuk mendorong masyarakat untuk menjalani gaya hidup aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan olahraga secara teratur. Sehingga diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan beraktivitas fisik. 2. Penguatan Komunitas: Pekan Olahraga antar Kelurahan (PORKEL) se-Kota Pekalongan Tahun 2023 ini bisa membantu memperkuat ikatan komunitas di tingkat kelurahan. Partisipasi warga dalam acara olahraga dapat membangun rasa persatuan dan kebersamaan antara tetangga-tetangga dalam lingkungan tersebut. 3. Memperkuat Identitas Lokal: Pekan Olahraga antar Kelurahan (PORKEL) se-Kota Pekalongan Tahun 2023 ini juga dapat membantu dalam membangun dan memperkuat identitas lokal serta rasa kebanggaan terhadap kelurahan masing-masing, yang pada gilirannya dapat mempererat hubungan antara warga dengan kelurahan tempat tinggal mereka. 

 

Pembukaan Pekan Olahraga Kelurahan (Porkel) Tahun 2023 dilaksanakan di GOR Jetayu Pekalongan pada hari Rabu, 27 September 2023. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Walikota Pekalongan. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan ini, karena dengan kegiatan ini akan muncul bibit2 atlit yang kelak bisa mengaharumkan kota Pekalongan, di samping itu juga dalam rangka mempopulerkan kegiatan olahraga di masyarakat. Beliau juga melihat fenomena kebangkita oleha raga di Indonesia seperti bola voli, dimana timna voli Indonesia levelnya sudah mendunia, bukan hanya berbicara di Asia Tenggara saja. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kelurahan Se-Kota Pekalongan. Dalam Porkel tahun ini dilombakan 3 cabang olahraga, yaitu Tenis meja putra dan putri, Voli putra dan Putri dan Senam Kreasi, sedangkan untuk kelurahan Sapuro Kebulen sendiri mengikuti cabor Voli Putra, Senam Kreasi, dan tenis meja putra.
Ayo dukung kelurahan Sapuro Kebulen di Porkel 2023. (AWS)