Antisipasi Kebencanaan di Masyarakat, Kelurahan Sapuro Kebulen adakan Sosialisasi Kebencanaan Kelurahan Sapuro Kebulen

   


Persoalan terkait kebencanaan ternyata cukup luas cakupannya. Mulai dari apa yang dinamakan bencana alam seperti gempa bumi, banjir hujan, banjir rob dan tanah longsor, angin puting beliung, kebakaran telah menyebabkan korban jika kita tidak mengantisipasinya dengan baik dan benar.
Bahkan keadaan darurat baik yang disengaja atau tidak seperti kecelakaan lalu lintas, kecelakaan laut, kecelakaan sungai, kecelakaan transportasi dan sejenisnya masih sering ditemui di sejumlah tempat. Tidak terkecuali kondisi darurat berkait peristiwa kebakaran yang melanda pertokoan, rumah penduduk atau peristiwa kebakaran di tempat-tempat publik seringkali mengundang kepanikan dan membawa tidak sedikit kerugian harta benda dan nyawa manusia.
Terhadap peristiwa kebakaran ini ternyata menarik untuk diperhatikan, mengingat belum banyak yang mengetahui dan memahami situasi dan kondisi bagaimana yang harus dilakukan manakala terjadi kebakaran di suatu tempat.


  

Pentingnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang bahaya kebakaran, apa yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran di lingkungan masing-masing ataupun setidaknya membantu memadamkan api kecil sebelum menjalar lebih luas. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, Kelurahan Sapuro Kebulen mengadakan Sosialisasi Kebencanaan dengan tema khusus penanggulangan kebakaran. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kelurahan Sapuro Kebulen tanggal 1 Desember 2023. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah BPBD Kota Pekalongan. Adapun peserta kegiatan ini adalah perwakilan RT/RW maupun LKK Kelurahan Sapuro Kebulen. Sosialisasi itu dalam rangka membentuk masyarakat yang tangguh bencana di Kelurahan Sapuro Kebulen. Para peserta yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Dari narasumber mengatakan, bahwa BPBD tidak bisa bekerja sendiri dalam menangani kebencanaan. Karena itu, keterlibatan aktif Tim Tangguh Bencana yang dibentuk di kelurahan menjadi kepanjangtanganan pemerintah dalam penanganan kebencanaan dan sosialisasi kebencanaan. Tim ini terbentuk untuk menyampaikan edukasi dan informasi kebencanaan di wilayah masing-masing RT untuk sosialisasi pentingnya komunikasi bencana. Harapannya dengan kegiatan ini mitigasi bencana akan lebih cepat karena sudah terbentuk Tim Tangguh Bencana Kelurahan Sapuro Kebulen. (AWS).